28 December 2011

Root Galaxy Gio GT-S5660 Gingerbread 2.3.6

Pada postingan sebelumnya saya telah berhasil mengupdate firmware Galaxy Gio saya menjadi rasa Roti Jahe. Performa meningkat dengan tampilan lebih dinamis. Namun, setelah saya amati lagi, ternyata semua aplikasi yang sudah saya pasang di ext2 SD Card menjadi hilang atau tidak terdeteksi.

Mulailah saya banting utak-atik lagi menggunakan aplikasi Link2SD dan ternyata jawabannya adalah Link2SD membutuhkan akses root. Saya cek di Super User, ternyata Link2SD sudah mendapat akses dari root (makin bingunglah saya, ditambah penyesalan belum membackup aplikasi tapi langsung upgrade firmware). Sampai akhirnya saya coba install ulang Super User, dan hasilnya adalah sama saja. Saya googling sebentar, akhirnya ketemu jawabannya “Gioku harus diroot ulang” (fyuh ternyata, agak sedikit mulai lega).

Ternyata oh ternyata, kebingungan saya masih harus berlanjut. Si Gio tidak bisa di root menggunakan aplikasi Super One Click (SOC) seperti saat waktu masih rasa yoghurt beku, padahal sudah saya unduh aplikasi SOC terbaru dan versi-versi sebelumnya. Akhirnya, saya memutuskan untuk bertanya pada teman-teman yang sudah berkecimpung lebih lama di dunia per”android”an, juga minta tolong ke mbah saya yang baik hati “mbah google”. Teman saya menganjurkan root melalui recovery mode menggunakan file routing package, dan saya mencobanya.

Percobaan pertama gagal, karena filenya  tidak cocok dengan Gio. Percobaan kedua, saya cari file lain lagi, dan ternyata masih gagal. Googling lagi mencari file yang dibutuhkan dan akhirnya bisa. Berikut langkah-langkahnya :
  • Unduh Gio Rooting Packagenya, sewaktu googling saya mendapatkannya dari situs http://androidflip.com. Untuk mengunduh langsung klik disini.
  • Simpan file tersebut di SD Card dan jangan dimasukkan folder apapun. Jika anda mengunduhnya melalui PC, pastikan Gio anda sudah tersambung melalui kabel data dengan PC dan pilih mode sambungan USB data.
  • Matikan Gio anda, dan bersiap untuk recovery mode.
  • Booting Gio anda melalui recovery mode. Caranya dengan menekan tombol power dan home (tombol tengah) secara bersamaan.
  • Muncul beberapa perintah, dan pilih “Update From SD Card”. Pilih file yang telah kita unduh dan simpan di SD Card. Gunakan tombol volume untuk memilih, karena layar sentuh tidak akan berjalan pada mode ini
  • Proses root sedang berjalan, tunggu beberapa saat apabila selesai silakan restart Gio anda.
  • Selesai. Selamat Gio Gingerbread 2.3.6 sudah berhasil di root.
Akhirnya Gio berhasil diroot dan aplikasi-aplikasi yang diinstall di ext2 kembali seperti semula :)


Catatan :
Pastikan kondisi baterai Gio anda mencukupi, dan untuk berjaga-jaga backup dahulu data anda. Proses ini berhasil pada Gio Gingerbread 2.3.6, jika beda HP dan versi android, tinggal disesuaikan :P

15 comments:

apriliasaputra™ said...

di PC anda sudah diinstall drivernya belum? biasanya belum ke install drivernya. atau install dari kies aja juga bisa.

apriliasaputra™ said...

yup installnya cuma sebentar kok. saya agak lupa apakah langsung restart atau nggak. tapi kalo misalnya nggak restart, di restart sendiri aja.

apriliasaputra™ said...

pas install file update-an berhasil atau gagal?

apriliasaputra™ said...

sami mas, install complete. restart, sudah ter root. atau coba install manual superusernya mas, di market ada, sapa tau bisa, atau googling dulu package yang lain. Gio juga ya?

apriliasaputra™ said...

coba mas mampir ke threadnya gio di kaskus http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7764626

yang kasusnya sama kayak mas ada disini :
http://www.kaskus.us/showpost.php?p=521673372&postcount=3138

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10408041&page=157

Anonymous said...

waah thanks gan post nya siip banget nih!
barusan saya update gio ke GB 2.3.6 dan trnyata bru sadar klo ke unroot, pas nyoba root lagi pake SOC not responding trus di Step #7 -_-
dicoba otak atik bingung gak bisa2,
trus googling dan ktemu blog agan, lgsg praktek dan berhasil dah :D
mantaap banget nih, matur suwun!

apriliasaputra™ said...

sama2 gan..persis kejadiannya kayak ane pas habis update kemarin hehe

AgRi said...

bro unrootny gmn nih???

apriliasaputra™ said...

saya belum pernah unroot, cuma caranya sih hampir sama, download file packagenya dan buka lewat recovery mode...coba googling, coba buka link ini

http://www.ramathara.com/2011/cara-mudah-unroot-gingerbread-samsung-galaxy-mini-fit-ace/

cuma saya belum mencobanya.

Pandra said...

thx gan udah roti jahe ane udah ter-root!!

fakhridho said...

thx gan!!!! barusan gw coba n suksesssss..gio ane dah diroot

ABD WAHID BUKHORI said...

gio sy sdh upgrade cm masalahnya,dulu bisa screen capture stlh 2.3.6 ga bisa tu gan..knp ya..ada yang bisa bantu ga??

apriliasaputra™ said...

beda tombolnya pak, monggo dicek disini

http://apriliasaputra.blogspot.com/2012/01/cara-printscreen-pada-galaxy-gio-rasa.html

Unknown said...

gan gio ane semalam boot loop trus ane utak atik, eh mlah keformat sistemnya ni ane lg googling nyari solusi biar bisa balik lagi sistemnya, bisa bantu tips gk gan, ane baru masukin sd card mlah mncul downloading pdhal rencananya mw masukin file zip

apriliasaputra™ said...

sistem ke format ya? mau g mau harus install lagi tuh...bentar saya coba googling2 dulu

Post a Comment