28 December 2011

Upgrade Samsung Galaxy Gio GT-S5660 ke Gingerbread 2.3.6

Beberapa hari yang lalu, ketika saya hendak mem-backup data contact di Samsung Galaxy Gio GT-S5660 melalui Kies, tiba-tiba saya mendapat notifikasi bahwa telah tersedia update-an firmware Gio terbaru. Kebetulan hari itu tidak terlalu sibuk, dan koneksi wifi di kantor cukup kencang, sehingga akhirnya saya memutuskan untuk melakukan update firmware Gio saya ke versi android 2.3.6. Karena kebetulan masih gaptek tentang android, saya mengupdate firmware menggunakan Kies dan koneksi wifi. Secara umum langkah-langkahnya sebagai berikut :
  • Sambungkan Gio ke PC, buka menggunakan Kies dan pastikan sudah Gio sudah terhubung dengan PC anda.
  • Sorot ke Firmware Information, atau Tools > Firmware Upgrade Settings. Pastikan terdapat firmware terbaru untuk Gio anda.
  • Jika sudah ada firmware terbaru, bersiap ke langkah selanjutnya. Pilih upgrade firmware dan kita tinggal menunggu saja, dari mulai mendownload file firmware, install ke sistem dll semua proses dilakukan secara otomatis oleh Kies. Catatan : Pada saat melakukan upgrade firmware pastikan baterai Gio anda cukup, PC/laptop jangan sampai mati, dan koneksi internet yang bagus (agar proses mengunduh update-an firmware lebih cepat)
  • Upgrade selesai. Akhirnya Galaxy GIO GT-S5560 saya sudah menjadi Roti Jahe :) . Saya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk melakukan upgrade (tergantung koneksi internet anda). 

Sebelum melakukan upgrade, disarankan untuk melakukan backup terlebih dulu data anda (bisa melalui menu backup/restore pada Kies anda). Sekedar untuk antisipasi, meskipun proses upgrade yang saya lakukan lancar-lancar saja.

Jika Gio anda telah di root, saya sarankan untuk di unroot terlebih dahulu, dan beberapa aplikasi yang sangat penting di backup terlebih dahulu dengan aplikasi yang banyak tersedia di market (titanium backup dll). Kalaupun anda tidak meng-unroot Gio anda, setelah proses upgrade selesai Gio anda akan kembali dalam keadaan unroot. Saya sempat dibuat kebingungan karena beberapa aplikasi saya yang saya install di Ext2 SD Card tidak dapat dibuka sama sekali, dan ternyata karena Gio saya kembali dalam keadaan unroot. Sempat mengalami kesulitan saat saya me-root Gio rasa Roti Jahe saya, karena tidak bisa menggunakan aplikasi Super One Click, untuk langkah-langkahnya akan saya sampaikan pada postingan tersendiri.

Setelah Roti Jahe terpasang di Gio, saya cukup puas dengan hasilnya. Tampilan lebih segar, dinamis, performa lebih mantap (ketika masih menggunakan froyo masih sering lag), penggunaan baterai sedikit lebih awet, meskipun saya sempat dibuat bingung untuk me-root ulang Gio rasa Roti Jahe : ) .

Selamat menikmati Gio rasa Roti Jahe.

5 comments:

senohero said...

thx info ny bang..

ABD WAHID BUKHORI said...

secara ga sengaja sy kmren juga gtu lo...hehe

ABD WAHID BUKHORI said...

kl ada info lagi ttng samsung gio kasih info ya....makasih..

Teknologi said...

cara mengunroot gio nya gimana gan, hp saya udah saya root, jadi gak mau konek ke kies samsung...

apriliasaputra™ said...

sebenarnya sudah diroot pun tetap bisa connect ke kies kok. apakah mungkin settingan usbnya sudah sesuai?

#kebetulan sekarang sudah tidak pake samsung, jadinya mau praktek agak repot hehe

Post a Comment